Pemerintah Targetkan 300 BTS dan Akses Internet di 9.700 Lokasi

images

Nasional

Ronald

25 Feb 2023


JAKARTA (Jatengreport.com) - Pemerintah menargetkan pembangunan 300 BTS baru dan penyediaan akses internet di lebih dari 9.700 lokasi pada tahun 2023.

Rencana tersebut disampaiakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam seminar bertajuk High Level Symposium on Digital Public Infrastructure di Kota Bengaluru, India, pada Kamis (23/02).

Pemerintah Indonesia tengah fokus mengembangkan berbagai layanan digital bagi masyarakat, antara lain dalam bentuk portal e-government, e-taxation, dan sistem BPJS dalam skala nasional.

Kementrian Keuangan sendiri sangat serius melakukan transformasi ke teknologi digital. Menkeu Sri Mulyani mencontohkan pengembangan MPN G3 (Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga), sebuah sistem untuk mengelola penerimaan negara secara jauh lebih akurat dan tepat waktu, bahkan dapat memproses hingga 1.000 transaksi per detik.

"Berbagai aplikasi juga dikembangan untuk memberikan pelayanan, seperti e-Filing untuk pelaporan SPT, INSW untuk sinkronisasi data ekspor-impor, sistem pembelian Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online, dan penyaluran bantuan sosial secara langsung kepada rekening penerima," imbuh Sri Mulyani.

Menkeu berharap peluang pengembangan infrastruktur digital di Indonesia dapat semakin terbuka lebar.

"Agar berbagai layanan digital dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat Indonesia," katanya.

tag: kemenkeu , sri mulyani , media sosial , internet



BERITA TERKAIT