Keren, Urban Farming Pemkot Semarang Dapat Respon Positif dari Pemprov Jateng

images

Jateng

Tim Jateng Report

09 Feb 2023


SEMARANG (Jatengreport.com) - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam menjalankan program urban farming mendapat apresiasi dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Tengah.

Sekertaris Bappeda Prov Jateng, Nomastuti menyampaikan, urban farming di Kota Semarang bisa memiliki ciri khas yang membedakan dengan urban farming yang ada di kota-kota lain. Hal itu di sampaikan usai penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah atau PPD tingkat Provinsi Jawa Tengah di rumah gizi pelangi nusantara dan sekolah berkebun, Rabu (8/2).

"Kali ini kita memverifikasi sejauh mana inovasi sesuai dengan tema. Tema kali ini yaitu transformasi, ekonomi inklusif dan berkelanjutan. Kota Semarang ini mengembangkan urban farming dan itu ternyata sangat kondusif dikaitkan dengan berbagai kegiatan termasuk berkebun. Pelangi Nusantara hingga Urban farming ini dapat mendukung perbaikan gizi bagi anak-anak stunting di Kota Semarang," ujar Nomastuti.

Tahun ini, Pemerintah Kota Semarang mengusung inovasi program seperti Food Startup Challenge, Urban Farming Corner, Rumah Gizi Pelangi Nusantara, dan Sekolah Berkebun yang diikutsertakan dalam penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Program-program ini sudah masuk dalam RPJMD dan visi misi Hendi-Ita. Dan seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa tahun 2023 ini resesi global selalu mengintai sehingga fokus anggaran kami gunakan untuk penanganan inflasi dan ketahanan pangan," ujar Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Lanjutnya, Ita menyampaikan, hal ini untuk mendorong keterlibatan seluruh lapisan masyarakat khususnya kelompok wanita serta anak-anak melalui kurikulum di sekolah.

"(Pengenalan urban farming) di sekolah ini penting karena saya bilang siswa-siswa sekolah sekarang adalah orang-orang yang akan berperan sebagai generasi emas pada tahun 2045. Tapi kita tidak tahu pada saat itu apakah kedaulatan pangan bisa berjalan sehingga mulai sekarang kita harus sudah mengedukasi anak-anak ini," tambah Ita.

tag: pemprov jateng , Urban Farming Pemkot Semarang , Dapat Respon Positif



BERITA TERKAIT